TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) – TRAINING PLAN AND TRAINING BUDGET – AND TRAINING IMPACT EVALUATION (TIE)

Berikut ini adalah Pusat Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) – TRAINING PLAN AND TRAINING BUDGET – AND TRAINING IMPACT EVALUATION (TIE) yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) – TRAINING PLAN AND TRAINING BUDGET – AND TRAINING IMPACT EVALUATION (TIE) yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telepon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) – TRAINING PLAN AND TRAINING BUDGET – AND TRAINING IMPACT EVALUATION (TIE) di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Penyelenggaraan Training / Pelatihan TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) – TRAINING PLAN AND TRAINING BUDGET – AND TRAINING IMPACT EVALUATION (TIE) kami agendakan setiap bulan ( Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember ) dimana waktu pelaksanaan training dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

PENGANTAR

Pelaksanaan program training/pelatihan bagi sumber daya manusia hendaknya dipertimbangkan dengan matang mengingat biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar program pelatihan memberikan kontribusi yang berarti, maka program pelatihan harus diarahkan kepada area/bidang yang benar-benar membutuhkan pelatihan. Kegagalan program pelatihan bukan hanya tidak tercapainya apa yang menjadi tujuan/target yang hendak dicapai tetapi juga pemborosan dari segi biaya yang dikeluarkan. Untuk itu organisasi perlu melakukan pengendalian terhadap fungsi pelatihan. Pengendalian ini dapat dilakukan dengan merancang program dan anggaran untuk pelatihan. Perancangan program pelatihan berfungsi untuk melihat kemampuan-kemampuan penting apa yang sangat diperlukan, serta kemungkinan-kemungkinan pelatihan di masa mendatang. Perancangan anggaran pelatihan berfungsi untuk mengestimasi biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan suatu pelatihan.

Penentuan prioritas program pelatihan dan anggaran biayanya yang akurat bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk organisasi yang ukurannya besar. Untuk itu diperlukan suatu metoda agar tidak hanya mengandalkan penilaian subyektif dari manajer sumber daya manusia atau manajer puncak dalam memutuskan program pelatihan mana yang akan dilaksanakan serta berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkannya. Pelatihan ini merupakan peta penunjuk jalan bagaimana seseorang mampu merencanakan suatu pelatihan dan menentukan anggaran biaya yang akan dikeluarkan untuk suatu pelatihan.

Selain perlu direncanakan dengan baik, aktivitas pelatihan juga harus memberikan suatu return yang lebih besar dari jumlah rupiah yang telah dibayarkan untuk membiayai suatu pelaksanaan training. Para pengelola HRD selama ini banyak yang berbicara tentang manfaat training secara kualitatif, dengan gaya bahasa yang umumnya hanya dimengerti oleh orang-orang HRD. Untuk dapat menjustifikasi manfaat setiap pelaksanaan training, maka saat ini sudah saatnya pengelola HRD dapat menampilkan data secara kuantitatif dengan menggunakan “bahasa manajemen”.

Untuk dapat melakukan dan mewujudkan analisis pengaruh training terhadap bisnis secara baik, dibutuhkan alat bantu dan keterampilan yang memadai sekaligus jalinan yang padu dengan hasil analisis kebutuhan training. Untuk itu, pelatihan ini mencoba menyediakan alat bantu dan bekal keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas di atas.



SASARAN/MANFAAT YANG DIPEROLEH

Setelah  mengikuti training/pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. melakukan Training Needs Analysis,
  2. membuat anggaran biaya pelaksanaan suatu training,
  3. melakukan penilaian atas masing-masing level evaluasi pelatihan



CAKUPAN/OUTLINE MATERI TRAINING TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) 

  1. Training Needs Analysis (TNA)
    1. Definition and Benefit of Training Needs Analysis
    2. Training Needs Analysis Steps : Identify the Customer, Clarify the Expectations, Design the Training Needs Programme, Arrange Accsess to Data, Collect the Data, Make Sense of the Finding
  2. Training Budget
    • Some Budgetting Policies for Training Functions
    • The Cost of Doing Training
    • Estimating Cost of Deficiencies
  3. Training Impact Evaluation (TIE)
  1. Understanding Training Evaluation
  2. Linking Performance and Training: The TIE Process
  3. Level of Training Evaluation (Kirkpatrick Model) and Return On Training Investment (ROTI)
  4. Step 1 : preparation
    1. Identify training objective
    2. Determine criteria of every level
  5. Step 2: Plan and Organize the Data Collection Process
    1. Determine Type Data of Every Level
    2. Design Instrument Based On Type Data
    3. Defining sample
    4. Collect the Data
  6. Step 3 : Calculate the Data
  7. Step 4 : Analyze and Interpret the Data
  8. Step 5 : Report on the Findings

 

SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI

Bagian HRD yang terlibat atau berperan dalam merencanakan suatu training.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply