Strategic Planning for Public Sectors & Non Profit Organizations

 

DISKRIPSI

Bagaimana seorang pimpinan dan manajer dari lembaga publik dan organisasi non-profit menghadapi tantangan organisasinya sekarang dan kedepannya?  Bagaimana seharusnya mereka merespon lingkungan organisasionalnya yang semakin tidak pasti, unpredictable dan saling terkait dengan berbagai variabel lingkungan eksternal lainnya? Bagaimana seharusnya mereka merespon kebutuhan sumberdaya yang semakin terbatas dan mahal, ekspektasi publik dan mandat formal yang semakin tinggi, perubahan demografis, dinamika deregulasi dan reregulasi, situasi politik dan ekonomi yang semakin kompetitif, dan peran baru lembaga publik dan non-profit yang semakin mengemuka? Apa yang harus dibenahi pada aspek misi organisasi dalam kondisi seperti tersebut? Bagaimana organisasi dan lembaga masih terus mampu menciptakan dan mempertahankan nilai-nya di depan publik? Bagaimana organisasi dapat membangun kekuatan organisasionalnya dan mengambil peluang yang terbuka dengan meminimalkan kelemahan yang dimilikinya serta mengatasi tantangan dan ancaman yang dihadapinya? Bagaimana pengelola organisasi dapat memformulasi strategi yang tepat dan menerapkannya secara efektif? Keseluruhan pertanyaan reflektif diatas merupakan isi dari konsep dan aplikasi perencanaan stratejik di lingkungan lembaga publik dan organisasi non-profit.

Konsepsi Strategic Planning for Public and Non-Profit Organizations ini berdasarkan premis bahwa pimpinan dan manajer di lingkungan lembaga publik dan organisasi non-profit harus mampu menjadi ahli strategi yang efektif  di dalam organisasinya untuk menjalankan misinya, memenuhi mandatnya untuk memuaskan kebutuhan konstituennya, serta menciptakan public value secara berkesinambungan. Pimpinan dan manajer ini perlu mengoptimalkan kewenangan yang dimilikinya secara efektif,  mengembangkan strategi yang tepat untuk menghadapi dan mengelola dinamika perubahan yang dihadapi lembaga/organisasinya, serta mengembangkan kapasitas yang memadai dalam aspek pengambilan keputusan di dalam kondisi turbulensi dan ketidakpastian pada variabel lingkungan/eksternal organisasionalnya.

Perencanaan stratejik merupakan satu set konsep, prosedur, dan tools yang didesain untuk mendukung pimpinan dan manajer untuk mengelola serangkaian tugas tersebut di atas. Perencanaan stratejik juga merupakan sebuah upaya disiplin untuk menghasilkan keputusan dan tindakan yang fundamental yang akan membentuk dan mengarahkan bentuk entitas apa dari lembaga/organisasi tersebut, apa yang akan dikerjakan, dan mengapa itu dikerjakan. Di dalam kurun 20 tahun terakhir, perencanaan stratejik telah menjadi praktek standard yang baku di berbagai lembaga publik dan organisasi non-profit. Workshop ini dimaksudkan sebagai roadmap untuk mendesain dan mengelola proses strategic planning di lingkungan lembaga publik dan organisasi non-profit sebagai media untuk meningkatkan kinerja lembaga/organisasinya.

SASARAN

Pengambil Kebijakan, Manajer, Perencana di Lingkungan Pemerintah, Kementrian, Lembaga Negara/Publik, Lembaga Non-Profit, Yayasan, Koperasi, BUMD, LSM/NGO, Sekolah/Perguruan Tinggi, DPR/DPRD, Kepolisian, Organisasi Kemasyarakatan dan Keagamaan, Dharma Wanita, Partai Politik dan Lembaga/Organisasi Non-Profit lainnya.

Pusat Jadwal Training bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

 

Tempat Pelaksanaan:

Jogjakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Lombok

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Formulir Registrasi Via Online (di bawah ini) atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply