Pemahaman Komprehensif Terhadap Assessment GCG ( Corporate Governance Scorecard )

 

Training Description :

Arti penting Good Corporate governance (GCG) bagi BUMN tercermin dari adanya Keputusan Menteri Negara BUMN No. Kep-117/M.MBU/2002 tentang Penerapan Praktek-praktek Good Corporate Governance pada BUMN. Pada dasarnya Keputusan Menteri tersebut memberikan garis besar arahan penerapan prinsip-prinsip GCG di BUMN. Seluruh BUMN wajib melaksanakan prinsip-prinsip GCG dalam setiap kegiatan usahanya pada seluruh tingkatan atau jenjang organisasi, mulai dari Dewan Komisaris dan Direksi sampai dengan pegawai tingkat pelaksana. Pengurus dan pegawai harus menjadikan GCG sebagai landasan operasionalnya.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, Kementerian Negara BUMN memandang perlu untuk menyelenggarakan program assessment penerapan GCG di BUMN untuk mengetahui sudah sejauh mana kualitas penerapan GCG. Melalui pemotretan terhadap kondisi aktual corporate governance dan pembandingan kondisi tersebut dengan kebijakan GCG yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Negara BUMN No. Kep-117/M.MBU/2002 tentang Penerapan Praktek GCG pada BUMN, peraturan perundang-undangan, dan praktik GCG pada perusahaan yang memiliki standar terbaik.

Pengujian dan penilaian akan mencakup kekuatan praktik GCG pada BUMN yang bersangkutan berikut kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki dan disempurnakan pada tingkat kebijakan dan pelaksanaan GCG, baik pada pada BUMN individual maupun BUMN secara nasional. Berdasarkan hasil assessment tersebut, BUMN dapat segera menetapkan rencana tindak (action plan) yang meliputi tindakan korektif (corrective action) yang diperlukan, dan bagi Kementerian Negara BUMN hasil assessment merupakan masukan untuk memonitor konsistensi penerapan GCG di BUMN. Untuk itulah maka Kementerian BUMN telah mengeluarkan versi terbaru dari assessment GCG untuk tahun 2008 berdasarkan Surat Edaran Kementerian BUMN Nomor S-168/MBU/2008
tanggal 27 Juni 2008.

Pelatihan ini akan mengupas tuntas assessment versi Kementerian Negara BUMN secara tuntas dengan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Pusat Jadwal Training bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

 

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply