Training Manufacturing Planning & Control

Pengantar Training Manufacturing Planning & Control:
Proses planning di manufacturing membutuhkan informasi terpadu dari sales (forecasting demand) dan capacity plan (dari manufacturing). Intinya adalah menyeimbangkan antara demand (kebutuhan customer) dan capacity yang tersedia di pabrik.
Proses dimulai dari business plan yaitu demand forecasting berasal dari sales untuk satu tahun ke depan. Berdasarkan data tsb dibuatlah resource requirement (capacity plan) untuk satu tahun ke depan. Kapan akan terjadi bottle neck, berapakah inventory yang perlu disiapkan untuk menghadapi peak season (puncak musiman). Disini dibutuhkan perhitungan kapasitas tahunan berdasarkan product grouping.
Berdasarkan business plan yang disepakati oleh top management, team sales, manufacturing, R&D (untuk produk baru) & PPIC akan melakukan sales & operation plan. Yaitu suatu proses periodik bulanan untuk menentukan berapa sales plan, production plan & inventory plan. Di proses ini dibutuhkan perhitungan resource planning (total kapasitas untuk membuat production plan dalam 1 bulan ke depan). Output proses ini yaitu: sales, production & inventory plan akan masuk sebagai input untuk proses Master Production Schedule (MPS), yaitu membuat jadwal produksi harian untuk masing2 item (SKU). Disini dibutuhkan proses perhitungan kapasitas yaitu rough cut capacity plan (RCCP). Tujuannya untuk menentukan apakah terjadi overload pada tanggal tertentu di MPS. Bila terjadi load akan disebar merata ke tanggal yang lain, sehingga level produksi tiap hari menjadi sama (heijunka).
Berdasarkan data dari MPS, proses berikutnya adalah pembuatan MRP (material requirement plan) yaitu proses menentukan rencana kebutuhan material berdasarkan jadwal harian (MPS). Berdasarkan bill of material (BOM) dibuatlah capacity requirement plan (CRP), yaitu detail capacity untuk masing2 work center.
Demikianlah proses perhitungan kapasitas di manufacturing yang tujuannya menyeimbangkan antara demand (kebutuhan customer) dengan kapasitas.



SASARAN TRAINING:



METODE TRAINING:



SASARAN PESERTA:



CAKUPAN MATERI TRAINING:

Hari ke 1:

  1.  Business plan: membuat rencana sales, produksi & inventory & latihan
  2. Sales operation plan: menyeimbangkan demand & supply & latihan
  3. Demand planning : melakukan forecast untuk product grouping
  4. Menghitung kapasitas untuk menyeimbangkan demand dengan bill of resource
  5. Menghitung simulasi cost untuk S&OP
  6. Simulasi S&OP untuk make to stock & make to order

Hari ke 2:

  1. Master scheduling: memecah production plan hasil S&OP menjadi jadwal harian sesuai prioritas customer & masing2 SKU
  2. Latihan membuat master production schedule
  3. Latihan menghitung rough cut capacity plan
  4. Material requirement planning: input, planning data, bill of material
  5. Mekanisme membuat MRP
  6. Action message dari MRP software
  7. Latihan membuat MRP
  8. Latihan menghitung kapasitas masing2 work center (Capacity requirement planning)

Kami dapat menyelenggarakan Public Training ataupun inhouse Training Manufacturing Planning & Control di seluruh wilayah indonesia. Untuk mendapatkan info training Manufacturing Planning & Control serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Manufacturing Planning & Control yang akan kami selenggarakan, anda dapat mengirim surel di email kami trainingsemangatindo@gmail.com atau anda dapat pula mengisi formulir pra registrasi yang tersedia dibawah ini. 

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)