Manajemen Pengolahan Limbah B3 (Hazardous Waste)

Berikut ini adalah Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan Manajemen Pengolahan Limbah B3 (Hazardous Waste) yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Manajemen Pengolahan Limbah B3 (Hazardous Waste) yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telpon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang Manajemen Pengolahan Limbah B3 (Hazardous Waste) di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Pengelolaan limbah sebagai hasil samping aktifitas manusia baik di industry maupun rumah tangga memerlukan manajemen yang baik. Limbah yang dihasilkan itu, banyak diantaranya tergolong limbah bahan beracun dan berbahaya.

Undang Undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dimaksud denganBahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan, merusak lingkungan hidup, dan/atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Limbah bahan berbahaya dan beracun adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3. Sedangkan dumping (pembuangan) adalah kegiatan membuang, menempatkan, dan/atau memasukkan limbah dan/atau bahan dalam jumlah, konsentrasi, waktu, dan lokasi tertentu dengan persyaratan tertentu ke media lingkungan hidup tertentu.

Untuk pengolahan limbah B3 bahan buangan industri, yang dikenali sebagai bahan buangan berbahaya, memerlukan wawasan dan identifikasi yang benar terhadap bahan berbahaya tersebut. Identifikasi bahan meliputi: “ why / when / who / what / where “ dari bahan buangan industri yang dikategorikan sebagai“hazardous waste”.

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tidak dapat begitu saja ditimbun, dibakar atau dibuang ke lingkungan, karena mengandung bahan yang dapat membahayakan manusia dan makhluk hidup lain. Limbah ini memerlukan cara penanganan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3.

Pengolahan limbah B3 perlu diperhatikan, baik secara fisik, biologi, maupun kimia sehingga menjadi tidak berbahaya atau berkurang daya racunnya. Setelah diolah limbah B3 masih memerlukan metode pembuangan yang khusus untuk mencegah resiko terjadi pencemaran.

Melalui pelatihan manajemen pengolahan limbah B3 (HAZARDOUS WASTE MANAGEMENT), peserta training dapat memiliki pengetahuan yang mencakup : cara-cara  identifikasi bahan, handling, storing dan cara pengolahan dan pembuangan bahan berbahaya tersebut.

MATERI TRAINING MANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH B3 (HAZARDOUS WASTE)

  1. Identifikasi dan klasifikasi terhadap Bahan Buangan  Berbahaya  (B3) / Hazardous Waste
  2. Effect terhadap kesehatan dan lingkungan (Health & environment effects)
  3. Handling and Transportation  of  Hazardous Waste
  4. Pengelolaan untuk Industrial Hazardous Waste
  5. Remedial Action untuk Hazardous Waste

Sasaran peserta training manajemen pengolahan limbah B3 ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  proses kimia khususnya yang terkait dengan bahan buangan industri yang berbahaya.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)