Manajemen K3 Bidang Pertambangan

 

Berikut ini adalah Pusat Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan Manajemen K3 Bidang Pertambangan yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Manajemen K3 Bidang Pertambangan yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telepon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang Manajemen K3 Bidang Pertambangan di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Penyelenggaraan Training / Pelatihan Manajemen K3 Bidang Pertambangan kami agendakan setiap bulan ( Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember ) dimana waktu pelaksanaan training dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

DESKRIPSI

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) terutama di industri pertambangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting demi kelancaran kegiatan operasional sehingga timbulnya rasa aman dan nyaman bagi pekerja untuk dapat bekerja secara optimal dan produktif. Pada prinsifnya kecelakaan kerja dapat terjadi dikarenakan oleh kondisi yang tidak aman serta kegiatan/ aktifitas yang tidak aman. Dalam industri pertambangan seorang Kepala Teknik Tambang (KTT) ditunjuk sebagai penanggung jawab penuh terhadap K-3 dan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Pengawas Operasional dan Pengawas Teknis.

Sistem Manajemen K3 berdasarkan Permenaker No. Per.05/1996 adalah bagian dari sistem manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggungjawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumberdaya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka pengendalian risiko yang berkaiatan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yanag aman, efisien dan produktif.

Dalam melakukan pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada industri pertambangan minerba-pabum (mineral, batubara dan panas bumi) kita harus memahami perubahan lingkungan, memiliki Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK-3) yang terintegrasi, memiliki kebijakan dan strategi K3 yang menciptakan SDM berbudaya K3 khususnya di departemen operasi dan perlu adanya rotasi jabatan di antara SDM Operasi, K3 dan Perawatan untuk mendapatkan SDM yang kompeten.

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat memahami aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada industry pertambangan yang dapat melakukan identifikasi, evaluasi,

pemeriksaan yang berkaitan dengan bidang keselamatan dan kesehatan kerja, yaitu  :

  1. Memahami Apa Itu Manajemen K3 Pertambangan.
  2. Memahami Apa Faktor K3 Yang Ada Di Perusahaan Pertambangan.
  3. Mengetahui Bagaimana Teknik Cara/Metode Pengelolaan K3 Pada Perusahaan Pertambangan.
  4. Mengetahui Apa Saja Manfaat Manajemen K3 Pada Perusahaan Pertambangan
  5. Mengetahui peran K3 dalam mencegah kecelakaan kerja guna meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja
  6. Memahami Bagaimana Menyusun rencana Pencegahan Kecelakaan kerja pada kerja Operasional  Pertambangan mineral dan batubara
  7. Mengetahui Kecelakaan kerja Operasional  Pertambangan mineral dan batubara.

 

OUTLINE TRAINING

  1. Dasar hokum Pengelolaan K3 Pertambangan
  2. Elemen pemerintah dalam pengelolaan K3 pertambangan
  3. elemen perusahaan dalam pengelolaan K3 pertambangan
  4. Risiko dan Kerugian Akibat Terhentinya Operasional  Pertambangan mineral dan batubara
  5. Tanggung-jawab Pengawasan Pertambangan mineral dan batubara
  6. Pengawasan K3 dan Keselamatan Operasi Pertambangan
  7. Pembinaan K3 dan Keselamatan Operasi Pertambangan
  8. Resiko di Pertambangan : Ledakan, Longsor, Kebakaran
  9. Sistem Manajemen K3 Pertambangan mineral dan batubara
  1. Peran Kepala Teknk Tambang (KTT) dalam implementasi K3

 

MEDTODE


PESERTA

Pelatihan ini sangat sesuai diikuti oleh : Staf Ahli K3 Perusahaan Pertambangan, bidang HSE,  HRD,  Paramedik Tambang dan Migas, termasuk para provider penyedia Jasa pertambangan.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply