JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

 

Berikut ini adalah Pusat Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan JSA: JOB SAFETY ANALYSIS yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training JSA: JOB SAFETY ANALYSIS yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telepon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang JSA: JOB SAFETY ANALYSIS di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Penyelenggaraan Training / Pelatihan JSA: JOB SAFETY ANALYSIS kami agendakan setiap bulan ( Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember ) dimana waktu pelaksanaan training dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

INTRODUCTION :

Untuk mencegah terjadinya kerugian-kerugian (losses) seperti cedera/luka pada manusia atau pekerja (People), kerusakan pada peralatan (Equipment), kerusakan pada bahan-bahan (Materials), dan kerusakan terhadap lingkungan (Environment) atau disingkat kerugian terhadap PEME (People, Equipment, Materials, Environment), maka sebelum memulai suatu pekerjaan (Job) diperlukan suatu proses identifikasi potensi-potensi bahaya yang mungkin terjadi, kemudian bagaimana cara mengendalikan (mitigasi) bahaya-bahaya yang potensial tersebut.

JSA (Job Safety Analysis) atau Analisa Keselamatan Pekerjaan (AKP) atau Analisa Keselamatan Bekerja (AKB) ini secara garis besar dibagi dalam 3 langkah/tahapan yaitu menguraikan pekerjaan dalam urutan-urutan langkah yang sistematis, kemudian mengidentifikasi potensi-potensi bahaya dan risiko yang mungkin terjadi dari setiap langkah-langkah pekerjaan tersebut, kemudian menetapkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengendalikan atau menghilangkan sama sekali bahaya-bahaya dan risiko-risiko yang mungkin terjadi dari masing-masing langkah pekerjaan tersebut..

TRAINING OBJECTIVE :

Para peserta pelatihan/kursus akan dapat mengerti, memahami dan mempraktekkan JSA dalam kegiatan pekerjaannya sehari-hari. Kemudian daripada itu pelatihan/kursus JSA ini akan memberikan beberapa keuntungan atau manfaat, antara lain :

  1. Memberikan pengertian yang sama terhadap setiap orang/peserta kursus tentang apa-apa saja yang harus dilakukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara yang betul, aman, selamat, tidak mengganggu kesehatan dan tidak mencemari lingkungan.
  2. JSA merupakan suatu alat dan sarana pelatihan yang sangat effektip untuk para pegawai baru yang bisa dimasukan dalam Program ”HSE/ SHE/EHS/HES Induction & New Employee Orientation”.
  3. JSA juga merupakan suatu alat dan sarana yang sangat effektip untuk merencanakan pekerjaan yang tidak rutin atau ”Non-routine jobs”.
  4. JSA bisa membantu dalam penulisan prosedur keselamatan untuk jenis pekerjaan yang baru maupun pekerjaan yang dimodifikasi.
  5. JSA bisa dimasukkan sebagai salah satu topik dalam Safety Meeting/Safety Talks, Pre-Job Meeting/Briefing, Tail-Gate-Meeting, Tool-Box-Meeting. Juga bisa dimasukkan sebagai elemen atau komponen utama dalam Daftar Keselamatan (Safety Checklist), dan Observasi Keselamatan (Safety Observation).

TRAINING MATERIAL OUTLINE JSA: JOB SAFETY ANALYSIS

  1. Pengenalan tentang Manajemen Pengendalian Rugi (Introduction to Loss Control Management)
  2. Pemilihan/Pembentukan Tim JSA (Selecting/Forming the JSA Team)
  3. Pemilihan jenis pekerjaan yang akan dianalisa (Selecting the Job to be Analyzed)
  4. Penyusunan/Pengurutan langkah-langkah pekerjaan (Breaking Down the Job)
  5. Pengidentifikasian potensi bahaya-bahaya dari setiap langkah pekerjaan (Identifying Potential Hazards of Each Job’s Step)
  6. Pembuatan rekomendasi perubahan untuk menghilangkan       bahaya-bahaya yang berpotensi (Developing Recommended Changes to Eliminate the Potential Hazards)
  7. Studi Kasus/Latihan-Latihan Membuat JSA
  8. Penayangan Film-Film/VCD yang terkait dengan JSA
  9. Pre-Course Assessment (Pre-Test) dan Post-Course Assessment (Post-Test)

WHO SHOULD ATTEND ?

Para Operator, Teknisi, Kepala Regu (Foremen) dan Penyelia/Pengawas (Supervisor) dari berbagai Departemen seperti Drilling, WO/WS, Production, Transportation, Maintenace (Mechanical, Electrical, Instrumentation, dll), Welding & Fabrication, Warehouse & Logistics, Construction, HSE/SHE/EHS/HES/K3LH, dan lain sebagainya, termasuk Perwakilan/Representative dari para Kontraktor/Mitra Kerja.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply