Electronic Filing Implementation With RMS, EIS & EDMS Method

Berikut ini adalah Pusat Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan Electronic Filing Implementation With RMS, EIS & EDMS Method  yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Electronic Filing Implementation With RMS, EIS & EDMS Method  yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telepon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang Electronic Filing Implementation With RMS, EIS & EDMS Method  di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Penyelenggaraan Training / Pelatihan Electronic Filing Implementation With RMS, EIS & EDMS Method  kami agendakan setiap bulan ( Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember ) dimana waktu pelaksanaan training dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan anda.

A.   BACKGROUND

Organisasi pada era globalisasi ini sangat membutuhkan karyawan yang memahami konsep integrasi antara RecordsManagement Systematau Document Management System (RMS/DMS) denganElectronic Imaging Systemdan Electronic Document Management System.

Records Management System (Sistem Manajemen Kearsipan) setiap organisasi harusnyadiimplementasikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor  43  tahun  2009 tentang Kearsipan. Agar pada prakteknya dapat dikerjakan dengan baik maka harus dibuat SOP Manajemen Kearsipan yang disusun berdasarkan pendekatan logis dan sistematis yang disesuaikan pada kebutuhan dan kepentingan organisasi. Tujuan dari tahapan ini adalah bagaimana organisasi dapat menyimpan dokumen yang benar-benar bernilai guna, menjaga keaslian dan keamanan  dokumen serta dapat menemukan dokumen tersebut pada saat dibutuhkan. Karena pada prinsipnya pengendalian dokumen pada tahap ini berdasarkan standar ISO 9001.

Penerapan Electronic Imaging Sytem digunakan agar organisasi dapat melakukan proses efisiensi sumber daya yang jauh lebih besar ketimbang menggunakan pengelolaan arsip dengan sistem filing yang tradisional (traditional paper filing system) danhasilnyapun jauh lebih efektif karena file hasil scandapat ditelusuri dan ditemukan kembali dalam suatu database pada saat diperlukan dan dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga akan sangat memudahkan dan mempercepat pengelolaan kearsipan.

Electronics document management system diimplementasikan untuk mengelola file-file dokumen elektronik yang dihasilkan dari suatu aplikasiword processorspreadsheet, &presentationagar memudahkan dalam pembuatan identifikasi revisi dokumen elektronik dengan otorisasi updating revisi dokumennya yang berpedoman pada Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 11 Tahun 2008TentangInformasi Dan Transaksi Elektronik



B.  OBJECTIVES      

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami konsep dokumen dalam definisi  filerecords dan archive sertatinjauan umum aspek-aspek pengelolaannya, mulai dari proses penciptaan, penyimpanan, pengambilan dan penyusutan umur dokumen sampai dengan proses pemusnahan dokumen.
  2.  Memahami implementasi dari 5 macam sistem penyimpanan arsip (filing system) berikut dengan metode penyimpanan dan pengambilannyauntuk kategori dokumen kronologis.
  3.  Memahami implementasi dari konsep records management system, electronics imaging system dan electronics document management system.
  4. Mengetahui dan memahami bagaimana membuat SOP Manajemen Kearsipan.
  5. Memahami implementasi dari konsep integrasi antara electronics imaging system dengan records management system.
  6. Memahami implementasi dari konsep electronic document management system.
  7. Memahami implementasi prosedure & prinsip-prinsip filing system.
  8.  Memahami implementasi pengendalian dokumen berdasarkan standar ISO 9001.
  9.  Memahami implementasi  electronic filing system dengan perangkat pendukungnya.
  10. Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul R ecord Management System,  lengkap dengan penggunaan scanner,  printer dan kamera d igital.
  11. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.

 

C.  SYLLABUS ELECTRONIC FILING 

  • Definisi Arsip/Dokumen Untuk Lembaga-Lembaga Negara/Badan-Badan Pemerintahan Serta Untuk Badan-Badan Swasta/Perorangan Berdasarkan Undang-Undang Kearsipan RI.
  • Penjelasan Istilah-Istilah Kearsipan.
  • Pembuatan Kode Klasifikasi Dan Kode Indeks Dalam Pengelolaan Arsip/Dokumen.
  • Faktor-Faktor Yang Umum Menjadi Kendala Yang Dihadapi Dalam Pengelolaan Arsip/Dokumen Perusahaan.
  •  Prosedure Filing System.
  •  Langkah-Langkah Proses Filing.
  • Pemilihan Peralatan & Perlengkapan Filing.
  •  Pembentukan & Pemeliharaan Sistim Filing.
  • Proses Penyusutan Umur Dokumen ( Document, Records & Archive).
  • Langkah-Langkah Sebelum Proses Pemusnahan Dokumen.
  • Pemilihan Cara-Cara Pemusnahan Dokumen.
  • Penjelasan tentang SOP Manajemen Kearsipan dan Contoh SOP-nya.
  • Akurasi rasio kecermatan penemuan kembali file soft dokumen yang dibutuhkan.
  •  Mengetahui jenis-jenis media penyimpanan untuk electronic filiing system.
  •  Memahami faktor-faktor kunci sukses yang mendukung implementasi filing system.
  • Aplikasi untuk Records Management System dalam EFIDM Ssoftware.
  • Aplikasi untuk Electronic Document Management System dalam EFIDM Ssoftware.
  • Aplikasi untuk ElectronicImagingSystemdalam EFIDMSsoftware.
  • Langkah-langkah operasional untuk mengatur Level  Security User A ccess Application.
  • Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk  Document Control process.
  • Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Distribution process.
  • Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Update process.
  • Melakukan Proses Document Searching secara cepat (soft and hard) berdasarkan 5 metode.
  • Process Document  Capture baik melalui scanner ataupun melalui digitalcameras, kemudian  di-convert menjadi document microsoft office (XP, 2003,2007, 2010).
  • Pemilihan dan pengambilan dokumen secara cepat dan tepat untuk dikirimkan via e-mail langsung dari aplikasi EFIDMS software.
  •  Cases study / diskusi / tanya jawab.

 

D. AUDIENCE TARGET

Staff atau L eader yang bertanggung jawab dalam proses filing document

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

  • Kantor       : Jalan A.M. Sangaji No. 59 Kota Yogyakarta 55233
  • Telpon       : 0274 – 2921-872
  • Mobile       : 0812-2656-2746 / 0878-3819-6280 (wa)
  • Pin BB        : 57282CB1
  • Email          : trainingsemangatindo@gmail.com / marketing@semangatindo.com
  • Website     : semangatindo.com – pusatjadwaltraining.com – infojadwaltraining.com

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

WhatsApp WhatsApp kami