Dasar-Dasar Pengetahuan Katalisator di Kilang Minyak Pertamina

Berikut ini adalah Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan Dasar-Dasar Pengetahuan Katalisator di Kilang Minyak  yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Dasar-Dasar Pengetahuan Katalisator di Kilang Minyak  yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telpon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang Dasar-Dasar Pengetahuan Katalisator di Kilang Minyak  di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Proses yang terjadi disetiap unit kilang minyak pertamina adalah sangat komplek. Ada yang bersifat fisis dan khemis. Sedemikian sehingga crude oil itu dapat menjadi produk-produk minyak secara khemis, untuk mempercepat proses dipakai katalisator.

Dalam proses di kilang minyak bumi, katalis yang banyak dipergunakan adalah katalis reforming, isomerasi dan hydrocracking. Fungsi katalis-katalis tersebut pada dasarnya untuk membantu memecah rantai senyawa karbon.

Dengan bantuan katalis tersebut minyak mentah (crude oil) dapat diproses sehingga dapat diperoleh variasi turunannya seperti premium, kerosin, avtur, dan produk lainnya tergantung tingkat pemutusan rantai karbonnya.

Ada berbagai jenis katalis yang digunakan dalam industri minyak bumi. Pemilihan  jenis dilakukan berdasar cara kerja katalis. Selain tergantung pada bahan katalitik, bahan promotor dan bahan pembawa (carrier), efektifitas fungsi katalitik juga ditentukan oleh bentuk dan ukuran katalis.

Pada penggunaannya katalis dapat mengalami kerusakan. Diantara penyebab kerusakan aktivitas katalis karena katalis telah kehilangan fungsinya akibat berakhirnya umur pemakaian atau disebut spent katalis. Kerusakan aktivitas katalis juga biasanya terjadi pada katalis baru atau katalis yang sebenarnya belum habis umur pemakaiannya.

Kerusakan aktivitas katalis ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas berlebih atau penghambatan aktivitas. Kerusakan aktivitas katalis dapat disebabkan karena adanya kerusakan fisik atau kerusakan kimia katalis.

Katalis juga memiliki tingkat bahaya, yang dapat dilihat dari MSDS. Namun untuk spent katalis mengharuskan penanganan khusus karena punya kemungkinan telah berubah propertinya dari katalis aslinya.

Operator pada umumnya mengenali katalisator, namun tidak mengetahui prinsip kerja dan pengetahuan dasar tentang katalisator. Pada pelatihan dasar-dasar pengetahuan tentang katalisator di kilang minyak pertamina ini, operator dikenalkan dengan prinsip kerja, kateristik dan parameter operasi katalisator di kilang minyak pertamina.

MATERI TRAINING DASAR-DASAR PENGETAHUAN TENTANG KATALISATOR DI KILANG MINYAK PERTAMINA

  1. Review proses kimia di unit kilang minyak
  2. Jenis-jenis katalisator yang dipakai di unit kilang minyak Pertamina.
  3. Karakteristik dan prinsip kerja katalisator.
  4. Parameter operasi yang terkait dengan penggunaan katalisator.
  5. Umur katalisator.
  6. Regenerasi katalisator .
  7. Spent catalyst management

Sasaran peserta training dasar-dasar pengetahuan tentang katalisator di kilang minyak pertamina ini dapat di ikuti oleh para operator kilang di perusahaan.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)