ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION

Berikut ini adalah Pusat Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telepon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Penyelenggaraan Training / Pelatihan ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION kami agendakan setiap bulan ( Januari / Februari / Maret / April / Mei / Juni / Juli / Agustus / September / Oktober / November / Desember ) dimana waktu pelaksanaan training dapat pula disesuaikan dengan kebutuhan anda.

 

DESKRIPSI

Assessment Center (AC) merupakan salah satu metode yang saat ini banyak dipakai untuk mengukur kompetensi level manajerial. Validitas dari metode Assessment Center memang relatif tinggi, namun hal ini juga ditentukan oleh keterampilan para asesor yang menjalankan metode ini. Kata kunci yang perlu diingat mengenai AC adalah simulasi kerja. Keluaran utama dari Assessment Center adalah pemetaan kompetensi dan potensi (competency  & potency).  AC mengukur kompetensi orang untuk dapat melakukan pekerjaan yang ditargetkan. Dengan memahami peta atau profil kompetensi dan potensi setiap karyawan, manajemen dapat menyusun berbagai sistem dan program pengembangan SDM secara akurat dan obyektif seperti misalnya program rekrutmen dan seleksi karyawan, promosi dan rotasi jabatan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, evaluasi kinerja, dan sebagainya. Untuk itu, teknik AC melibatkan simulasi pekerjaan yang ditargetkan, sehingga memiliki tingkat keterandalan yang tinggi dalam mengetahui kemampuan assessee.
Pelatihan Assessor Assessment Center bertujuan untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi kompetensi dan potensi SDM melalui serangkaian penilaian (assessment) yang dikaitkan dengan persyaratan kompetensi tugas tertentu yang telah ditetapkan. Untuk menjadi assasor handal, tidak cukup hanya dengan melalui 4 hari pelatihan. Ketajaman menilai perlu diasah dan selalu dikembangkan. Penyelenggaraan program AC bukanlah proses yang mudah dan sederhana, banyak hal mesti dipersiapkan terlebih dahulu  terutama yang berkaitan dengan multiple tools dan mutiple assessor. Misalnya bagaimana merumuskan success profile (profil keberhasilan) yang dipersyaratkan dari setiap jabatan yang akan diisi kandidat, alat/metode asesmen  apa saja yang digunakan dan bagaimana menggunakannya, berapa banyak assessor yang dibutuhkan dan dengan kualifikasi apa, dan sebagainya.
Pogram pelatihan Assessment Center Assessor ini didesain dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelatihan assessor yang termuat dalam The Guidelines and Ethical Considerations for Asessment Center Operation. Dipandu oleh instruktur yang berkompeten sebagai Assessment Center Assessor Trainer, program ini akan membantu Anda dalam membangun keterampilan fundamental sebagai Assessment Center Assessor, mulai dari prinsip dasar penilaian kompetensi, pengenalan jenis-jenis perangkat dalam metode Assessment Center, keterampilan observasi, assessor meeting dan penulisan laporan.



TUJUAN

Tujuan dari pelatihan ini bagi peserta adalah:

  • Pemahaman terhadap metode personality inventory
  • Pemahaman dan penguasaan metode simulasi
  • Pemahaman dan penguasaan metode assignment



MATERI ASSESSMENT CENTER ASSESSOR CERTIFICATION

  1. Konsep Kompetensi Dalam Competency-Based Human Resource Management (CBHRM)
    • Konsep CBHRM
    • Definisi & Konsep Kompetensi
    • Proses Perumusan Kompetensi
  2. Pendekatan dan Metode Assessment Center / AC
    • Peran AC dalam CBHRM
    • Definisi & Konsep AC
    • Pendekatan AC
    • Metode Pengukuran AC
  3. Alat (tools) Pengukuran Kompetensi Dalam Assessment Center / AC
    • Pengenalan AC Tools
    • Matriks Alat Ukur & Kompetensi
    • Mendesain AC Tools
    • Skill Practise
  4. Prosedur Kerja Assessment Center / AC
    • Proses Bisnis AC
    • Skema Kerja Assessor AC
    • Skill Practise
  5. Latihan Leaderless Group Discussion (LGD), problem analysis (PA) In Tray (IT), klasifikasi, evaluasi dan penulisan  laporan
  6. Assessor Meeting dan penulisan laporan
  7. Umpan balik kepada setiap peserta pada akhir program
  8. Standar – standar profesional



PESERTA

Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh para profesional yang mendalami bidang MSDM, Konsultan MSDM, Manajer dan Staf SDM yang berkeinginan untuk memiliki keterampilan sebagai Assessment Center Assessor.



METODE

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)
 

Leave a Reply