Analisis Manajemen Resiko Pengelolaan Pabrik dan Lingkungan

Berikut ini adalah Informasi Jadwal Training / Seminar / Pelatihan Analisis Manajemen Resiko Pengelolaan Pabrik dan Lingkungan yang akan di selenggarakan oleh Semangatindo Training & Consulting, untuk mendapatkan informasi training lengkap serta mendaftarkan diri anda mengikuti training Analisis Manajemen Resiko Pengelolaan Pabrik dan Lingkungan yang akan kami selenggarakan, anda dapat menghubungi Tim Marketing via telpon atau sms di nomor 081226562746 – 087838196280 (WA), atau  mengirim surel di email kami marketing@semangatindo.com / trainingsemangatindo@gmail.com, anda dapat pula mengisi form request training / formulir pra registrasi yang tersedia pada situs kami.

Kami menyelenggarakan Public Training ataupun in House Training tentang Analisis Manajemen Resiko Pengelolaan Pabrik dan Lingkungan di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bali, Surabaya, Medan, Palembang, Riau, Padang, Lombok, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Malang, Batam, Semarang, serta kota-kota besar lainnya di Indonesia

Beberapa kegagalan sistem dan proses sering terjadi pada proses produksi di pabrik. Akibat dari kegagalan yang terjadi menyebabkan beberapa konsekuensi diantaranya: loss of production, loss of money, equipment damage, releasing toxic chemicals, releasing flammable materials, explosion dan human/environment injury.

Diantara konsekuensi itu, releasing toxic chemicals merupakan yang paling dasyat, diikuti oleh fire ataupun explosion. Secara umumnya kegagalan itu diawali dengan kejadian-kejadian awal/intermediate event, yang disebut sebagai incident.

Dalam rangka untuk meminimasi “risk”, yang terjadi akibat realisasi dari suatu “hazard”, diperlukananalisis manajemen resiko dengan beberapa langkah/tahapan, yang dinamakan dengan incident scenario. Adapun kegiatan antara lain melakukan identifikasi hazard (“condition”), incident scenarios dari suatu “top accident”, risk identification, risk consequences, selanjutnya dilakukan “planning and action to reduce the risk”.

Selain itu juga diperlukan cara-cara assessment terhadap suatu konsekuensi yang terjadi akibat dari suatu kecelakaan, terutama untuk releasing toxic dan flammables chemicals. Assessment ini diperlukan untuk meyakinkan apakah releasing bahan-bahan kimia di lingkungan kerja (working place), di environment communities) itu “acceptable or non acceptable”. Untuk ini diperlukan pengetahuan tentang “risk perception” ataupun “risk criteria”.

Tidak setiap operator/engineer memahami tentang “scenarios” yang dapat menimbulkan suatu kecelakaan, karena informasi dan pengetahuan yang kurang. Training analisis manajemen resiko untuk proses pengoperasian pabrik dan lingkungan (Risk Assesment and Management) ini bertujuan mengenalkan dan memperdalam wawasan peserta terhadap skenario tersebut.

Sehingga diharapkan peserta mampu memahami tindakan yang dibutuhkan untuk meminimilisasi resiko dan menghindarinya. Pemahaman yang baik terhadap training analisis manajemen resiko ini akan mewujudkan keselamatan kerja dan proses yang baik di pabrik.

MATERI TRAINING ANALISIS MANAJEMEN RESIKO PENGOPERASIAN PABRIK

  1. Overview risk management
  2. Hazardous event identification {releasing toxic chemicals, flammable chemicals, process hazard, UVCE (Unconfined Vapor Cloud Explosion), BLEVE (Boling Liquid Expansion Vapor Explosion)}
  3. Incident scenarios (FTA dan event Tree Analisys, ETA)
  4. Consequences Analysis (releasing rate models, dispersion models for toxic and flammable chemicals)
  5. Quantifying risk
  6. Risk indicator
  7. Acceptability of risk
  8. Workshop

Sasaran peserta training analisis manajemen resiko pengoperasian pabrik dan lingkungan ini dapat diikuti oleh para Operator/Engineer di perusahaan.

Semangatindo Training & Consulting bekerjasama dengan trainer professional akan memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai training tersebut.

Apabila Training/Pelatihan Ini Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan anda, Silahkan Menghubungi Tim Marketing Kami Untuk Mendapatkan Surat Penawaran, Silabus Training, CV Instruktur dengan mengisi Form Request Training / Formulir Pra Registrasi Via Online  atau melalui Telp, Email, SMS, WA, BBM

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat

TIM MARKETING

Apabila judul yang anda cari tidak terdapat pada list jadwal training  maka anda dapat merequest judul pelatihan yang perusahaan anda butuhkan dengan menghubungi tim marketing kami.

Form Request Training
  1. Isi Data Berikut ( Tidak Mengikat )
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (required)
  9. (required)